Blog Happy Independence Day for Indonesia : Google Doodle Ikut Merayakan HUT ke-75 RI

Happy Independence Day for Indonesia : Google Doodle Ikut Merayakan HUT ke-75 RI


Happy Independece Day

Perusahaan raksasa teknologi Google mempersembahkan Google Doodle bertajuk Indonesia Independence Day 2020 demi memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun, pada Senin, 17 Agustus 2020.

Dalam perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia, doodle yang dimuat merupakan karya ilustrator asal Jakarta, Martcellia Liunic. Sesuai dengan falsafah Bhinneka Tunggal Ika, gambar tersebut dibuat dengan tema mengusung perbedaan.

Ilustrasi berbentuk animasi tersebut memperlihatkan lomba khas tujuhbelasan yakni panjat pinang, serta suasana gegap gempita beberapa orang yang mengenakan pakaian adat dari beberapa daerah di Tanah Air dalam perayaan HUT ke-75 RI.

Selain itu, ilustrasi juga memuat flora dan fauna asli Indonesia yang diwakili oleh Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldi.

Pakaian adat, serta flora dan fauna menggambarkan betapa Indonesia merupakan negeri yang kaya dengan perbedaan dan kekayaan alam.

Dalam proses pembuatan ilustrasi tersebut, Martcellia sendiri mengaku terinsipirasi dari hal-hal yang menjadi ciri khas Indonesia. Seperti banyaknya keindahan alam dan budaya perayaan HUT RI tiap tahunnya.

“Hari Kemerdekaan adalah salah satu hari libur nasional terbesar yang dirayakan di Indonesia, saya memikirkan bagaimana kita biasanya menghiasi lingkungan kita dengan bendera nasional dan meriah, serta mengadakan kompetisi persahabatan, parade, dan upacara bendera,” kata Martcellia, dari laman Google Doodle.

“Tidak hanya perayaan ini, saya juga ingin menggambarkan dalam ilustrasi saya untuk Doodle, tetapi juga pentingnya Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti persatuan dalam perbedaan dalam ilustrasi untuk Doodle,” kata dia.

Lebih lanjut, Martcellia mengungkapkan keinginannya untuk mengangkat keragaman etnis, dengan ilustrasi yang ia buat, keindahan alam Indonesia dengan pegunungan, laut, dan beberapa flora dan fauna yang luar biasa.

Hari ini Senin 17 Agustus 2020, Indonesia merayakan HUT ke-75.

Menyambut dirgahayu kemerdekaan ini, google doodle pun menampilkan gambar khusus bertema Independence Day (Indonesia).

Gambar tersebut menampilkan ragam budaya Indonesia dan simbol-simbol kemerdekaan termasuk permainan rakyat panjat pohon pinang, dan kekayaan alam Indonesia.

Jika google saja turut merayakan HUT ke-75 Indonesia, maka kita sebagai warga negara harus merayakannya sekalipun di tengah pandemi covid-19.

Bagi Anda yang tinggal di luar zona hijau covid-19, bisa tetap memeriahkan Hari Merdeka melalui ucapan-ucapan penuh makna berikut ini:

Bahasa Indonesia

  1. Hari ini adalah hari dimana kita menghormati bangsa kita yang indah. Kita telah melakukan banyak hal untuk membangun budaya dan warisan kita sendiri, jadi mari kita rayakan hari ini. Semoga Hari Kemerdekaan ke-75 RI ini istimewa untuk Anda dan orang yang Anda cintai.
  2. Kebebasan adalah sesuatu yang harus Anda perjuangkan. Kita telah berusaha keras untuk mendapatkannya, jadi mari kita rayakan fakta bahwa kita masih memiliki kebebasan. Jangan pernah melepaskannya dan selalu bawa dalam hatimu. Selamat Hari Kemerdekaan!
  3. Hari ini kita menghargai orang-orang yang menjadikan kemerdekaan kita menjadi hal yang mungkin. Kebebasan sulit didapat, tetapi kita diberkati untuk memilikinya. Mari kita hargai semua yang kita miliki dan rayakan keajaiban besar kebebasan. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.
  4. Mengingat masa lalu kita sangatlah penting. Tapi kita juga harus berpikir untuk membangun masa depan kita. Mari lakukan segalanya untuk menjaga kebebasan kita dan membawanya selama bertahun-tahun. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia untuk seluruh bangsa!
  5. Hari ini kita merayakan kemuliaan kebebasan. Kita tidak memahami nilainya sampai kita kehilangannya, jadi mari kita ingat tentang itu dan jangan pernah melepaskannya. Sukacita bagi bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan!
  6. Kebebasan seharusnya tidak menjadi sesuatu yang pantas Anda dapatkan. Itu adalah sesuatu yang secara alami Anda miliki. Sesuatu yang tidak bisa diambil siapa pun darimu. Mari rayakan Kebebasan!
  7. Jika seorang pria merampas kebebasan seseorang, dia juga tidak lagi memiliki kebebasannya. Kita perlu bersatu dan melawan orang-orang yang merasa berhak memiliki kehidupan orang lain. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia! Mari kita semua rayakan kebebasan yang agung!
  8. Kebebasan adalah hal yang paling berharga dalam hidup setiap manusia. Tidak ada yang berhak mengambilnya dan kita perlu melakukan segalanya untuk melindungi masyarakat kita dari kekejaman dan kekerasan. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia!
  9. Kebebasan adalah untuk semua orang, tidak melihat warna atau bentuk. Kita sudah muak dengan kebencian dan kekerasan. Sekarang kita perlu membangun masa depan baru kita, penuh cinta dan pengertian. Ayo angkat gelas kita ke Hari Kemerdekaan!
  10. Sangat diberkati berada di sini hari ini. Diberkati untuk memiliki hak untuk berbicara dan didengarkan. Hak yang tidak bisa diambil oleh siapa pun dariku. Mari kita angkat kacamata ke masa depan yang penuh pengertian, penghargaan, dan rasa syukur.
  11. Kita semua sangat berbeda, tetapi ada satu hal yang mempersatukan kita, itulah kemerdekaan. Kita harus menghormatinya dan tidak pernah lupa betapa sulitnya mendapat kemerdekaan. Nikmati Hari Kemerdekaan yang indah ini!
  12. Tanpa kebebasan, kita tidak memiliki nama, satu visi, satu identitas, satu bangsa. Jika negara kita layak untuk mati selama perang, kita juga harus menyadari bahwa itu layak untuk dijalani di saat damai!
  13. Marilah kita menghormati para pahlawan. Karena tanpa mereka, kebebasan tidak akan ada. Apa yang mereka lakukan, kita tidak akan pernah bisa membalasnya. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia!
  14. Cintaku pada bangsaku adalah kelayakan. Cintaku untuk bangsaku tidak ada habisnya. Yang saya inginkan untuk negara saya adalah kebahagiaan. Izinkan saya menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia yang istimewa!
  15. Mari kita buat keputusan yang kuat, hargai bangsa kita dan jangan pernah melupakan pengorbanan dari mereka yang memberi kita kebebasan. Selamat Hari Kemerdekaan!
  16. Sepenuh hati, saya ingin mengucapkan selamat kepada semua orang di hari yang indah ini. Ini hari besar bagi negara kita. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 RI!
  17. Mari hargai para pahlawan kita atas pengorbanan yang mereka buat dan atas apa yang mereka berikan kepada kita hari ini. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia!
  18. Kemerdekaan adalah anugerah Tuhan yang istimewa dan berharga. Semoga hidup kita selalu tetap mandiri. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.
  19. Saat Anda merayakan hari ini, ingatlah selalu bahwa tidak ada bangsa yang sempurna dan itu hanya bisa disempurnakan oleh saya dan Anda. Selamat Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, bangga jadi warga negara!
  20. Mari kita angkat tangan dan rayakan hari ini, mari kita berdiri tegak untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang hebat yang telah tiada demi kemerdekaan kita, mari nyanyikan lagu kebangsaan kita dengan bendera di tangan dan rayakan hari yang indah ini!

 

English Language :

  1. Freedom is never dear at any price. It is the breath of life. Happy Independence Day! Artinya: Kebebasan tidak pernah terbayar dengan harga berapapun. Itu adalah nafas kehidupan. Selamat Hari Kemerdekaan!
  2. As we celebrate on this day, remember that no nation is perfect. It needs to be made perfect. Happy Independence Day! Proud to be an Indonesian. Artinya: Sebagaimana kita rayakan hari ini, ingatlah bahwa tidak ada bangsa yang sempurna. Ia perlu dibuat sempurna, Selamat Hari Kemerdekaan! Bangga jadi orang Indonesia.
  3. It makes my heart beat with pride when i realize that I am the citizen of such a great country. Happy Independence Day! Artinya: Membuat hati saya berdebar dengan bangga ketika saya menyadari bahwa saya adalah warga negara dari negara yang begitu hebat. Selamat Hari Kemerdekaan!
  4. Thousands laid down their lives so that our country can celebrate this day. Never forget their sacrifices. Happy Independence Day! Artinya: Ribuan (orang) menyerahkan nyawa mereka sehingga negara kita dapat merayakan hari ini. Jangan pernah lupa pengorbanan mereka. Selamat Hari Kemerdekaan!
  5. It’s a day to celebrate and to cheer, the 17th of August is finally here! United all we stand And protect forever our nation! Artinya: Ini hari untuk merayakan dan menghibur, tanggal 17 Agustus akhirnya tiba! Semua bersatu dan berdiri, melindungi bangsa kita selamanya!
  6. Let’s celebrate a peaceful life in our nation by remembering all national heroes who gave us freedom! Have a wonderful Independence Day! Artinya: Mari kita rayakan kehidupan yang damai di negara kita dengan mengingat semua pahlawan nasional yang memberi kita kebebasan! Selamat Hari Kemerdekaan!
  7. Always keep the spirit of patriotism, glowing within you, proud to be Indonesian. Artinya: Selalu jaga semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, bangga menjadi Indonesia.
  8. Make your arm strong to be place of our sibling to lean on. Happy Independence Day. Artinya: Buat bahumu kuat menjadi tempat saudaramu bergantung. Selamat Hari Kemerdekaan.

Happy Independence Day for Indonesia

Lagu kemerdekaan “Indonesia Raya” selalu berkumandang tidak hanya ketika upacara bendera atau peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, melainkan di setiap kegiatan resmi apapun mulai tingkat paling rendah hingga skala nasional. Sejak duduk di bangku sekolah, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia telah menjadi kebiasaan sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Akan tetapi, selama ini masyarakat mungkin hanya terbiasa dengan lagu “Indonesia Raya” stanza satu. Lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman tersebut sebenarnya memiliki tiga stanza, yang pertama kali dibawakan melalui gesekan biolanya dalam Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928 atau dikenal sebagai cikal bakal Hari Sumpah Pemuda. Hal tersebut dinyatakan Anthony C. Hutabarat dalam bukunya berjudul Meluruskan Sejarah dan Riwayat Hidup Wage Rudolf Supratman: Pencipta Lagu Indonesia Raya (2001). Mulai tiga tahun terakhir ini, pemerintah mengenalkan lagu “Indonesia Raya” tiga stanza kepada masyarakat. Pemerintah membuka tahun ajaran baru pada 2017 lalu dengan menerapkan kebijakan baru sehubungan dengan lagu “Indonesia Raya” yaitu dengan menyanyikan tiga stanza lagu kebangsaan tersebut dalam helatan upacara tertentu. Adapun lirik lagu “Indonesia Raya” tiga stanza tersebut adalah sebagai berikut:

I

Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku, Di sanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku. Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan tanah airku, Marilah kita berseru, Indonesia bersatu. Hiduplah tanahku, Hiduplah neg’riku, Bangsaku, Rakyatku, semuanya, Bangunlah jiwanya, Bangunlah badannya, Untuk Indonesia Raya.

II

Indonesia, tanah yang mulia, Tanah kita yang kaya, Di sanalah aku berdiri,

Untuk s’lama-lamanya. Indonesia, tanah pusaka, P’saka kita semuanya, Marilah kita mendoa, Indonesia bahagia. Suburlah tanahnya, Suburlah jiwanya, Bangsanya, Rakyatnya, semuanya, Sadarlah hatinya, Sadarlah budinya, Untuk Indonesia Raya.

III

Indonesia, tanah yang suci, Tanah kita yang sakti, Di sanalah aku berdiri, N’jaga ibu sejati. Indonesia, tanah berseri, Tanah yang aku sayangi, Marilah kita berjanji, Indonesia abadi. S’lamatlah rakyatnya, S’lamatlah putranya, Pulaunya, lautnya, semuanya, Majulah Neg’rinya, Majulah pandunya, Untuk Indonesia Raya.

Refrain

Indonesia Raya, Merdeka, merdeka, Tanahku, neg’riku yang kucinta! Indonesia Raya, Merdeka, merdeka, Hiduplah Indonesia Raya.

 

Apa Makna di Balik “Indonesia Raya” Tiga Stanza Tersebut?

Sebagaimana ditulis oleh Dwi Oktarina dalam esainya “Menelisik Indonesia Raya”, lagu “Indonesia Raya” merupakan pernyataan perasaan nasional berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958. Perasaan nasional tersebutlah yang menjadikan lagu kebangsaan tersebut memiliki banyak makna di baliknya, salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu. Melansir Kemendikbud, stanza pertama “Indonesia Raya” menggarisbawahi lirik “Marilah kita berseru, Indonesia bersatu” yang ditulis sebagai makna penyemangat. Selain itu, kalimat tersebut juga seruan bagi Indonesia yang saat itu belum merdeka untuk bersatu meraih kemerdekaan Indonesia. “Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya” pada stanza pertama pada awalnya tidak ditulis demikian. Sebelumnya, lirik tersebut tertulis “Bangunlah badannya, bangunlah jiwanya” yang kemudian diganti atas usul Ir. Soekarno mengacu pada pendapatnya “tak akan bangun raga seseorang jika jiwanya tidak terlebih dahulu bangun. Hanya seorang budak yang badannya bangkit namun jiwanya tidak”. Pada stanza kedua, lirik yang ditekankan adalah “Marilah kita mendoa, Indonesia bahagia”. Kalimat tersebut memendam landasan spiritual dengan selalu mendoakan Indonesia agar senantiasa menjadi negara yang bahagia. Lirik selanjutnya berbunyi “Sadarlah budinya, sadarlah hatinya”, bermakna masyarakat Indonesia yang senantiasa memiliki budi dan hati yang baik. Stanza terakhir, tertulis sumpah dan amanat agraria yang diselipkan di dalam lirik “Indonesia Raya”. Lirik tersebut adalah “Marilah kita berjanji, Indonesia Abadi”, sementara amanat agraria terdapat dalam lirik “Slamatlah Rakyatnya, Slamatlah Putranya, Pulaunya, Lautnya, Semuanya”. Makna agraria yang dimaksud dalam lirik tersebut tidak terbatas dengan tanah Indonesia, melainkan seluruh yang terkandung dalam Indonesia meliputi tanah, laut, hingga luar angkasanya. Lirik dan notasi lagu “Indonesia Raya” pertama kali dimuat di surat kabar Sin Po edisi 10 November 1928, selang 13 hari setelah perhelatan Kongres Pemuda II di mana lagu tersebut pertama kali dinyanyikan. Koran berisi lirik lagu dan notasi “Indonesia Raya” tersebut pun dicetak 5.000 eksemplar. Awalnya, lagu tersebut berjudul “Indonesia” dan bukan “Indonesia Raja” atau “Indonesia Raya”. Koran Sin Po sendiri merupakan lahan W.R. Supratman bekerja sebagai jurnalis.